Ssstt Rahasia, Bagaimana Cara Mencari Jurnal Agar Sesuai Dengan yang Kita Inginkan?

Facebook
Twitter
LinkedIn
jurnal pemerintahan

Terkadang mahasiswa terlalu “lugu” yang hanya mengandalkan Google sebagai tempat pencarian. Kamu pasti salah satunya ya Vellas!

Memang Google atau Google Scholar cara paling mudah karena tinggal mengetikkan kata kunci dan keluar hasil yang cukup banyak, tapi bisa jadi artikel itu tidak sesuai yang kamu inginkan. Dan di Quora ini saya dapat kata-kata bagus “Hey, mainlah lebih jauh”, gunakan database yang tepat!

Tahukah kamu kalau pemerintah melalui Perpustakan Nasional RI telah mengucurkan dana ratusan juta rupiah untuk berlangganan basis data jurnal ilmiah yang bagus-bagus?

Di sana kita bisa menemukan berbagai basis data yang mengumpulkan ribuan jurnal ilmiah yang banyak artikelnya tidak bisa ditembus oleh Google. Jadi, bermainlah dengan basis data ini dalam mencari artikel untuk keperluan skripsi atau tugas kuliahmu.

Pertama, kunjungi situs web PNRI dan lakukan pendaftaran. Setelah berhasil, masuk ke E-resource dan temukan segudang basis data di atas. Jelajahilah semua, dan rasakan pengalamannya, mana yang cocok untuk bidang ilmumu.

Saya coba EBSCO, ternyata ini lebih cocok untuk ilmu sosial humaniora ketimbang life science. Namun jika universitasmu juga berlangganan EBSCO secara mandiri (misal UGM), bisa jadi yang dilanggan berbeda dan ada konten life science dan medicine juga.

Kedua, yang saya sukai adalah ProQuest, terutama basis data Thesis/Dissertation. Di sini cukup masukkan kata kunci, dan akan keluar naskah disertasi S3 full text dari berbagai universitas keren di dunia, di mana Google ga mungkin bisa menjamahnya. Dan ini LEGAL!!

Dan selamat berselancar, silakan coba database yang lain dan temukan artikel sesuai yang kamu inginkan.

Penulis : Sarmoko, Nara Institute of Science and Technology

Post a comment

Your email address will not be published.

Isi Pikiran Lainnya