yuk melek pentingnya penerapan euro 5!

Inovasi FAW Trucks Euro 5: Mewujudkan Dekarbonisasi, Bahan Bakar Lebih Efisien !

Peta Jalan Dekarbonisasi Brown to Green, harapan baru untuk Indonesia?

Image source : Freepik.com

Menurut Michael Backman dalam bukunya yang provokatif, Asia Future Shocks, biang keladi masalah migas Indonesia adalah tingginya konsumsi minyak domestik karena besarnya subsidi pemerintah dalam harga eceran bensin dan mitan. Bahkan ketika harga eceran bensin dan solar mengalami kenaikan sebesar 29 % pada tahun 2005, mengangkat harga menjadi sekitar 26 sen dollar per liter, harga itu masih paling minimum menurut standar dunia, itupun diikuti maraknya demo jalanan, sehingga sangat dilematis antara keinginan bertahan dan menjaga kelangsungan konsumsi energi fosil (brown energy) dari migas.

Persoalan laten sebagai implikasinya adalah polusi akibat overloud kendaraan, karena faktor pertumbuhan demografi, urbanisasi yang mengalirkan masyarakat desa ke perkotaan dan implikasi konsumsi energi yang bertambah di sektor dominan transportasi, industri, rumah tangga, publik, dan bisnis.

Pertumbuhan kendaraan bermotor yang begitu pesat di Indonesia mengakibatkan tingginya polutan dari gas buangan atau emisi. Diperkirakan 86% pencemaran udara di perkotaan disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor, sehingga melalui penerapan baku mutu emisi ini akan menurunkan kandungan zat pencemar seperti karbon monoksida dan hidrokarbon di udara dan pada akhirnya meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat. Emisi tersebut mengandung zat berbahaya yang dapat membahayakan lingkungan dan kelangsungan makhluk hidup.

Image source : Gaya Makmur Mobil

Berbicara Soal Strategi Net Zero Emission,
Sudah tau belum perkembangan penerapan Euro di Indonesia?

Euro 2, Implementasi Internasional 1996

Sejak tahun 2007 Indonesia masih menerapkan standar Euro2 berdasarkan keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 141/2003 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru

Euro 4, Implementasi Internasional 2005

Mulai tahun 2018 Indonesia sudah mengejar ketertinggalan dengan menerapkan standar Euro4 sesuai dengan peraturan menteri (PERMEN) LHK No.p.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017

Euro 5, Implementasi Internasional 2009

Pada tahun 2023 Indonesia menargetkan untuk mengejar ketertinggalan dengan mencapai standar Euro5, terutama pada kesiapan produksi bahan bakar berstandar Euro5

Beralih ke Euro-5, Efektifkah Mengurangi Kadar Emisi Kendaraan?

Untuk mewujudkan Net Zero Emission, Uni Eropa (European Union – EU) merumuskan berbagai cara untuk meminimalisir keluaran gas emisi oleh kendaraan agar terciptanya teknologi transportasi yang lebih ramah lingkungan. Tahun 1990, untuk meminimalisir kadar bahan pencemar yang dihasilkan kendaraan bermotor, EU menetapkan peraturan penggunaan katalis untuk mobil bensin, hal ini dinilai menjadi awal penciptaan Euro 1.

Peningkatan kualitas bahan bakar kendaraan pun harus turut disesuaikan agar mengikuti standar emisi. Misalnya Euro 1 mengharuskan mesin diproduksi dengan teknologi yang hanya menggunakan bensin tanpa timbal. Penggunaan solar dengan kadar sulfur di bawah 500 ppm untuk mobil diesel pada penerapan Euro 2. Pengurangan lebih banyak kadar sulfur di mesin bensin dan solar diatur dalam Euro 3, Euro 4; dan untuk truk diesel diatur dalam Euro 5.

Indonesia sendiri sejak 2018 lalu sudah mulai memberlakukan standar emisi Euro 4 untuk mesin bensin, sementara untuk mesin diesel mulai berlaku di 2022 mendatang. Untuk Euro 4 sendiri kandungan nitrogen oksida pada kendaraan berbahan bakar bensin tidak boleh lebih dari 80 mg/km, 250 mg/km untuk mesin diesel, dan 25 mg/kg untuk diesel particulate matter.

Lalu bagaimana dengan penerapan Euro 5? Seberapa besar pengaruhnya terhadap lingkungan dan kualitas kendaraan?

Tentunya, banyak keuntungan dan keunggulan lainnya ketika menerapkan Euro 5, ingin tahu seberapa besar pengaruh Euro 5 pada FAW Trucks? Simak konten berikutnya!

Image source : Pribadi

Inovasi Euro5

Dan Puluhan Keunggulan Lainnya untuk Konsumen, Lingkungan dan Kepuasan Pelanggan!

Image source : Mining Expo

Gaya Makmur Mobil adalah Sole Distributor Truk First Automobile Works atau lebih dikenal dengan sebutan FAW. FAW adalah pabrikan otomotif yang pertama didirikan di China pada tahun 1953. Saat ini FAW merupakan market leader terbesar di China dengan produksi tahunan lebih dari 3,5 juta unit. Beberapa mobil truck yang dijual diantaranya yatu Dump truck atau truk pengangkut sampah, Mixer Truck atau truk pengaduk, Traktor Head, dan Cargo Truck.

Dengan perjalanan waktu lebih dari 13 tahun, GMM selalu berinovasi dan memberikan yang terbaik, termasuk meluncurkan truk dengan standar emisi euro 5 sebagai salah satu komitmen untuk memberikan produk truk berkualitas yang tidak hanya untuk kepentingan seluruh pelanggan, namun juga seluruh pihak, termasuk kendaraan yang rendah kandungan emisi sebagai salah satu solusi perwujudan konsep Nirkarbon.

“Keunggulan dari produk FAW Trucks Euro 5 antara lain rendah emisi & ramah lingkungan, mesin bertenaga dan torsi lebih besar dan irit bahan bakar, perawatan mudah dan biaya perawatan lebih efesien, dan usia investasi yang lebih lama karena menggunakan standar Euro 5” – Direktur Utama GMM Frankie Makaminang di sela pameran Mining Expo

GMM turut eksis meramaikan acara Mining Indonesia, 14-17 September 2022, dengan mengedepankan solusi lengkap bagi kebutuhan truk di sektor logistik, konstruksi, pertambangan, kehutanan dan perkebunan dengan keunggulan yang telah disesuaikan dengan kondisi medan berat dan iklim tropis di Indonesia.

“Truk FAW tersebar di daerah Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Total populasi unit FAW di Indonesia mencapai 4.000 unit,” ujar Direktur Utama GMM Frankie Makaminang di sela pameran Mining Expo, JIExpo Kemayoran.

Tahun ke tahun, GMM terus berinovasi dan memperluas jaringan 3S (sales, service, sparepart) ke seluruh Indonesia untuk memberikan pelayanan yang cepat. Saat ini GMM telah mempunyai 15 jaringan, yaitu di Jakarta, Medan, Pekan Baru, Jambi, Palembang, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Manado, Palu, Makassar, Kendari, Sorong, dan akan menyusul di kota-kota lainnya.

Keunggulan FAW Trucks Euro 5!

Teknologi SCR dan AdBlue: Lebih Irit dan Ramah Lingkungan!

Inovasi terbaru Truk FAW adalah penerapan Selective Catalytic Reduction (SCR), yang dikombinasikan dengan cairan AdBlue, sistem SCR mengkombinasikan AdBlue dan gas buang dari mesin hingga menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya. Teknologi ini dinilai efisien dalam mereduksi emisi gas buang tanpa mengganggu mesin utamanya, yang secara signifikan dapat mengurangi pembuangan gas berbahaya dan menghemat bahan bakar hingga 10%.

Aman Menggunakan Bahan Bakar Biodiesel

FAW Trucks Euro 5 memiliki sistem SCR yang terpisah dari mesin utamanya, sehingga tidak sensitif terhadap solar bersulfur tinggi. Sehingga FAW Euro 5 dapat menggunakan Biodiesel B30 yang telah beredar saat ini, sehingga lebih aman dan sesuai diimplementasikan di Indonesia. Truck Euro 5 juga sudah melalui serangkaian tes dan dapat dipastikan memiliki kinerja yang sangat baik di kondisi medan berat dan iklim tropis Indonesia.

Fitur Dengan Teknologi Terkini

Dalam hal kenyamanan, FAW menerapkan fitur Multi Information Display (MID), fungsinya untuk memberikan informasi sehingga memudahkan driver dalam memperoleh informasi ketika berkendara. Kemudian fitur Fleet Manajemen System  memungkinkan owner business memantau armada secara remote dan real-time, fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melacak dan mengelola armada secara lebih transparan dan efisien.

Sistem penggerak Roda Belakang

Keunggulan FAW lainnya yaitu memiliki sistem penggerak roda belakang, dengan konfigurasi 4×2, 4×4, 6×4 hingga 8×4 dengan beragam pilihan. Penggerak roda belakang sangat mempengaruhi ketahanan Truk terutama dalam sektor pertambangan, kehutanan dan perkebunan dengan kondisi medan yang berat. Jadi, jangan salah pilih ya!.

Mesin Lebih Halus, Torsi Besar dengan RPM Lebih Rendah!

Inovasi FAW selanjutnya yaitu Fuel Filter Water Separator yang memiliki keunggulan sebagai purifikasi atau pemurnian kotoran dalam kandungan air pada bahan bakar dengan cara penyaringan, sehingga mesin kendaraan lebih halus dan minim getaran. Bukan hanya itu, mesin FAW didukung oleh torsi yang besar dengan RPM rendah sehingga lebih irit bahan bakar

Layanan Purna Jual dan Suku Cadang yang Mudah

Selain itu, dukungan purna jual yang reliable dan responsive, seperti konsinyasi suku cadang, program pertukaran suku cadang, garansi, layanan bantuan 24/7, kontrak layanan pemeliharaan dan pelatihan pengemudi dan teknik tentu akan membantu efisiensi biaya operasional pelanggan FAW Trucks seoptimal mungkin.

Konsinyasi dan Pertukaran Suku Cadang

Garansi

Kontrak Layanan Pemeliharaan

Pelatihan Pengemudi dan Teknik

Layanan Bantuan 24/7

GMM memiliki tipe Dump Truck dengan varian horse power, pay load dan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan operasional customer, terutama untuk sektor pertambangan, konstruksi, perkebunan, oil & gas maupun forestry. Dump truck FAW memiliki Horse Power bervariatif dengan konfigurasi 4×4, 6×4 dan 8×4 dengan torsi mesin yang besar dan irit bahan bakar.

Selain memiliki kabin yang luas, Dump Truck FAW FD290DT memiliki tenaga yang kuat namun tetap irit BBM karena truk FAW FD290DT memiliki torsi yang besar dengan RPM yang rendah.

GMM menawarkan Mixer Truck yang dirancang khusus sehingga dapat bermanuver dengan baik pada jalan-jalan sempit di daerah perkotaan maupun di perdesaan, dengan konfigurasi 4×2 dan 6×4.

Mixer Truck DB130MT dilengkapi dengan fitur Full Air Brake System, High Torgue Low RPM Fuel Efficient yang siap menghadapi segala medan jalan dan Large Tube Mixing Capacity 3.3 yakni kelebihan dengan dapat menjangkau banyak tempat dan campuran beton dapat diubah dengan mudah

Image source : gmmmobil.com

GMM tipe Tractor Head dengan sistem penggerak roda belakang, dengan konfigurasi 4×2 dan 6×4 dengan fungsi sebagai penarik trailer, baik jenis container trailers, tank trailers, heavy duty trailer, cargo trailer, low bed trailer, tipper atau side dump trailers. 

GMM memiliki tipe truck cargo untuk angkutan logistik atau transporter cargo dengan konfigurasi 4×4, 6×2, 6×4 dan 8×4.

Mixer Truck DB130MT dilengkapi dengan fitur Full Air Brake System, High Torgue Low RPM Fuel Efficient yang siap menghadapi segala medan jalan dan Large Tube Mixing Capacity 3.3 yakni kelebihan dengan dapat menjangkau banyak tempat dan campuran beton dapat diubah dengan mudah

 

Image source : gmmmobil.com

Tunggu Apalagi?

Yuk ikut andil dalam mewujudkan dekarbonisasi melalui euro 5,
percayakan armada truk anda sekarang dengan FAW Trucks!

1 comment

  1. ulasan yang luar biasa, somoga nir emisi 2050 Indonesia–bakal goal!

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Pikiran Lainnya